Saat ini berbagai sektor industri mulai dari fesyen, kerajinan, furnitur, serta berbagai komoditi lainnya berlomba-lomba menghadirkan inovasi produk kreatif dengan mengangkat berbagai cerita unik, kearifan lokal, hingga nilai-nilai positif lainnya sebagai selling point produk. Para pelaku bisnis yang masih berusia muda juga memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan ide dan mampu membawa dampak positif yang signifikan bagi perekonomian di masyarakat.
Kementerian Perindustrian menengarai, perkembangan industri kosmetik lokal tak lepas dari peran para pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik yang jeli memanfaatkan bahan baku lokal, dan memadupadankan tradisi budaya setempat (local wisdom) dengan tren pasar. Selama beberapa tahun terakhir, terbukti berbagai jenama kosmetik lokal semakin menempatkan posisi penting dalam industri kecantikan tanah air.
Kemajuan teknologi dan berkembangnya gaya hidup masyarakat berimbas pada kebutuhan pasar komoditas produk makanan dan minuman yang semakin bertambah dan beragam. Hal ini pun tentunya membuat kepada tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat.
Peningkatan nilai tambah produk menjadi salah satu strategi penting dalam memperluas pasar. Oleh sebab itu IKM perlu mempersiapkan diri untuk meningkatkan kualitas dan menjaga mutu produknya agar dapat turut bersaing dengan produk industri besar bahkan produk impor.