Siaran Pers
Cosmetic Day Kemenperin Antarkan Industri Kosmetik Nasional Jadi Pemain Utama Pasar Global
Industri kosmetik nasional memiliki kekuatan unik yang potensial untuk semakin dikenal di pasar dunia. Tak hanya itu, IKM kosmetik terbukti mampu membuka lapangan kerja, sekaligus menjadi penggerak inovasi dan kreativitas industri lokal.
Read MoreKemenperin Ajak IKM untuk Manfaatkan Pembiayaan KIPK
Pemerintah terus berupaya untuk memberikan akses pembiayaan kepada pelaku industri dalam negeri yang mampu memberikan dampak besar bagi perputaran roda perekonomian masyarakat. Salah satu sumber pembiayaan baru yang dapat diakses pelaku industri, khususnya sektor industri padat karya atau sektor industri yang menggunakan tenaga kerja dalam jumlah besar, adalah Kredit Industri Padat Karya (KIPK).
Read MoreIKM Binaan BPIFK Perluas Akses Pasar Ekspor pada Bali International Business Connect 2025
Pelaku industri khususnya yang masih berskala kecil dan menengah saat ini dituntut untuk dapat meningkatkan daya saing, baik dari sisi kapasitas bisnis maupun kualitas produk yang dihasilkan.
Read MorePendampingan Kemenperin dan IKEA Untuk Perkuat Daya Tarik Visual Produk IKM
Kemenperin melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing pelaku industri kecil dan menengah (IKM). Salah satunya yaitu dengan memperkuat kualitas produk yang dibarengi dengan pemberian akses pemasaran produk IKM, demi menarik minat konsumen dan memperluas pasar agar dapat naik kelas.
Read MoreWujudkan Dapur Bersih, Kemenperin Gandeng Arwana Ceramics Fasilitasi Bantuan Keramik bagi IKM Pangan
Peningkatan kapasitas dan kualitas produksi IKM makanan dan minuman menjadi kebutuhan penting di tengah persaingan pasar dan dinamika ekonomi saat ini. Terlebih industri makanan dan minuman termasuk sektor yang memegang peran utama dalam perekonomian nasional.
Read MoreBPIFK Kemenperin Siap Katalisasi Pengembangan Ekosistem Industri Fesyen dan Kriya
Perkembangan sektor industri fesyen dan kriya sangat lekat hubungannya dengan sektor industri kreatif. Peran generasi muda juga merupakan salah satu aspek yang signifikan khususnya dalam menghadirkan berbagai kreasi dan inovasi segar. Peranan tersebut, tidak hanya pada sisi produksi dan kualitas produk, namun juga merambah pada sisi branding, promosi hingga membangun gerakan tertentu yang mampu mempengaruhi tren di masyarakat.
Read MorePerluas Akses Pasar Ekspor, Kemenperin Fasilitasi IKM di Pameran TEI 2025
Promosi dan pemasaran produk menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan daya saing dan keberlanjutan Industri Kecil dan Menengah (IKM). Melalui keikutsertaan dalam berbagai ajang pameran, pelaku IKM memiliki kesempatan untuk memperluas jaringan usaha, memperkenalkan produk unggulannya, serta menjangkau pasar yang lebih luas, baik domestik maupun internasional.
Read More