English (United States) Bahasa Indonesia (Indonesia)
Monday, October 23, 2017
   
PUBLIKASI Kumpulan Artikel
Artikel

Current Articles | Categories | Search

Tuesday, January 19, 2016
Majukan IKM Elektronika melalui Pemberian SPPT SNI untuk Perakit TV Kusrin
By SuperUser @ 4:30 PM :: 1998 Views
 

Dirjen IKM Euis Saedah turut menyaksikan penyerahan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda – Standar Nasional Indonesia (SPPT – SNI) dari Menteri Perindustrian Saleh Husin kepada Kusrin, pemilik UD Haris Elektronik untuk produk televisi rakitan di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/1)

Pada acara yang dihadiri oleh Kepala BPPI Haris Munandar, Bupati Karang Anyar, Sesditjen IKM Roy Sianipar, Para Direktur di lingkungan Ditjen IKM, Kepala B4T, Kabaristand Surabaya, Ka Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kab. KarangAnyar serta para wartawan dari berbagai media nasional, Dirjen IKM melaporkan bahwa UD. Haris Elektronika sudah memiliki kelengkapan izin sejak tahun 2011 (TDI, Izin Gangguan, TDP, SIUP). Pada proses produksinya UD. Haris Elektronika telah menggunakan komponen elektronika yang baru seperti chasis, casing, dan kabel. Sedangkan untuk tabung TV masih menggunakan barang bekas (monitor komputer) namun telah melalui proses pengujian mutu di Balai Besar Bahan & Barang Teknik – Bandung. UD. Haris Elektronika juga telah melakukan pendaftaran merek sesuai ketentuan yang berlaku dengan merek Veloz, Zener, dan Maxreen.

Sebagai informasi, pada bulan Mei 2015, UD. Haris Elektronika telah mengajukan permohonan SPPT – SNI kepada LSPro Baristand Surabaya untuk ruang lingkup setifikasi CRT – TV, SNI 04-6253-2003. Dengan bimbingan dan panduan dari Baristand Surabaya, sertifikat uji telah diterbitkan oleh Laboratorium Uji Balai Besar Bahan & Barang Teknik – Bandung pada tanggal 28 Desember 2015 dan pada tanggal 15 Januari 2016 LSPro Baristand Surabaya telah menerbitkan SPPT – SNI CRT – TV.

Direktorat Jenderal IKM melalui Direktorat Industri Kecil dan Menengah Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut bekerjasama dengan Pemda Kabupaten Karanganyar akan memfasilitasi rekan-rekan Kusrin lainnya yang berencana mengajukan SPPT SNI. Selain SPPT SNI, juga diupayakan akses permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) sehingga Kusrin dan rekan-rekannya dapat terus memproduksi televisi untuk konsumennya.

Pemerintah daerah, Balai Besar dan Baristand dihimbau agar menginformasikan apabila ada IKM yang membutuhkan fasilitasi SPPT SNI, agar kejadian seperti Kusrin dapat ditangani dengan prosedur pembinaan yang baik serta menghindarkan dari masalah hukum di kemudian hari. Diharapkan fasilitasi ini dapat membantu IKM mengembangkan teknologi dalam berusaha sehingga menjadi terobosan dalam ranah elektronika Indonesia.

HOME   |   BUKU TAMU   |   KONTAK
Copyright 2007 - 2011 by Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah