The Big Start Indonesia Season 3
28 September 201885 Views

The Big Start Indonesia Season 3

Ajang kompetisi pencarian pengusaha kreatif The Big Start Indonesia (TBS) Season 3 sudah sampai di tahap penentuan 20 finalis. Kompetisi tahunan yang diadakan oleh perusahaan e-commercer Blibli.com ini semakin ketat menyeleksi para peserta sehingga diharap bakal melahirkan bibit pengusaha kreatif muda yang berkompeten. Keduapuluh finalis TBS season 2 selanjutnya akan dikarantina untuk mendapatkan berbagai tantangan yang menguji keterampilan bisnis mereka, kreativitas, dan leadership.

“The Big Start Indonesia Season 3 ini menjadi semacam wadah bagi para Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk memajukan usaha mereka ke depan sehingga Indonesia bisa lebih jaya. Dengan begitu, UKM diharap bisa memberikan kontribusi ekonomi kepada Indonesia,” kata I Gusti Ayu Fadjar, Senior Vice President Marketing Blibli.com, di acara pengumuman 20 finalis TBS Indonesia Season 3, di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dibanding dua event sebelumnya, TBS Indonesia jilid ketiga ini digelar dengan total hadiah lebih besar senilai Rp 1,1 Miliar. Acara ini didukung sepenuhnya oleh JNE sebagai Platinum Partner, BCA, Prasetiya Mulya Business School, XL Business Solution, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan juga Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.
Mengusung semangat “Buktikan Pada Mereka”, TBS Indonesia Season 3 diharapkan dapat menjawab tantangan terbesar para pengusaha muda Indonesia untuk mengembangkan bisnis ke skala lebih besar dengan pangsa pasar lebih luas.

Terpilihnya Top 20 ini bisa menjadi bukti bahwa UKM Indonesia tidak kalah saing dan memiliki potensi sangat besar apabila dikembangkan lebih lanjut.

Tahun ini juga memperkenalkan mentor serta juri baru yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu mentor beauty dengan Kezia Toemion Founder ESQA cosmetics, mentor fashion Didiet Maulana dari IKAT Indonesia, mentor kuliner Gwen Winarno dari Pure Foods Company, mentor kriya Bagus Rochadiat dari Kekayuan, serta host judges yaitu selebriti Aline Adita yang merupakan Co-Founder Downtown Market dan pengusaha kuliner.

Dari pihak pemerintah, kompetisi TBS Indonesia Season 3 ini mendapatkan sambutan baik, khususnya dari Kementerian Perindustrian. Gati Wibawaningsih, Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian, mengapresiasi program ini karena membantu peran pemerintah dalam membina Industri Kecil Menengah.

“Pekerjaan kami sebagai pemerintah bisa terbantu dalam membina startup atau industri kecil menengah agar lebih maju lagi. TBS Indonesia bisa meningkatkan potensi kecil menengah yang saat ini berjumlah 4,4 juta. Bedakan antara industri kecil menengah (IKM) dengan usaha kecil menengah (UKM). Kalau industri kecil menengah itu mempunyai proses produksi, itulah yang kami bina. Sedangkan UKM hanya menjual saja,” kata Gati, dalam kesempatan acara yang sama.

Berita terkait lainnya

Kembali ke atas