Cloud Computing Jadi Teknologi yang Banyak Diminati Startup Indonesia
28 September 2018132 Views

Cloud Computing Jadi Teknologi yang Banyak Diminati Startup Indonesia

Jakarta, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) terus memacu keahlian dan pengetahuan talent-talent startup dalam negeri untuk dapat berdaya saing secara global.

Salah satunya melalui program kompetisi 'Making Indonesia 4.0 Startup' yang berkolaborasi dengan PT Amazon Web Service (AWS) Indonesia.

Making Indonesia 4.0 Startup merupakan ajang adu inovasi teknologi bagi para startup di bidang teknogi. Diawali dengan rangkaian Workshop Cloud Computing pada tanggal 6-7 September 2018 yang diikuti oleh 100 orang peserta.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan, minat masyarakat terhadap teknologi cloud computing cukup tinggi dengan banyaknya peserta yang mendaftar workshop mencapai 200 (dua ratus) orang lebih, yang kami saring lagi menjadi 100 (seratus) orang karena keterbatasan tempat.

"Dengan adanya program Making Indonesia 4.0 Startup ini, diharapkan Indonesia semakin siap menghadapi era revolusi industri ke-4 ini dengan munculnya startup yang mampu memberikan layanan teknologi dibidang tersebut kepada industri khususnya dan masyarakat pada umumnya," ungkap Gati di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Ditambahkan Gati, program Making Indonesia 4.0 Startup ini telah didukung oleh beberapa asosiasi, komunitas maupun Lembaga yaitu, Amazon Web Services Indonesia, Asosiasi Cloud Computing, Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia, Asosiasi Tech Startup Indonesia, Angel Investor Network Indonesia, Block 71 Jakarta, Komunitas Robotika Indonesia, Estubizi Network, Masyarakat Industri Kreatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia, serta Rice INTI Bandung.

"Para pendukung program ini akan berkolaborasi bersama-sama untuk mensosialisasikan program, melakukan pembinaan lanjutan kepada para startup, serta memberikan akses kepada investor," imbuhnya.

Country Manager PT Amazon Web Service (AWS) Indonesia Gunawan Susanto mengungkapkan, dengan dilibatkannya AWS dalam Workshop Making Indonesia 4.0 Startup menjadi kesempatan besar bagi kami berkontribusi untuk memajukan Indonesia.

"Saya merasa memang adalah tanggung jawab seluruh stakeholder untuk bisa membawa tanggung jawab ini dan segera melakukan eksekusinya," kata Gunawan.

Gunawan berharap kegiatan seperti ini tidak hanya saru kali, tetapi akan menjadi suatu yang berkelanjutan karena pekerjaan yang paling mendasar adalah benar-benar mengerjakan secara konsisten.

"Kami membuka diri untuk melakukan lebih banyak lagi kegiatan untuk dapat mendukung program Making Indonesia 4.0 untuk bisa membuat startup Indonesia dapat bersaing di tingkat global," tuturnya.

Saat ini, Kemenperin masih membuka pendaftaran bagi para startup teknologi lokal yang ingin mengikuti kompetisi Making Indonesia 4.0 Startup sampai dengan tanggal 20 November 2018. Masyarakat yang berminat ikut dapat mengakses website www.i4startup.id untuk pendaftaran dan informasi.

Dari kompetisi ini akan diambil lima peserta terbaik yang akan mendapatkan hadiah sebesar masing-masing Rp 50 juta pada acara Festival Startup 4.0 yang akan diadakan pada bulan Desember sekaligus dengan pameran, temu bisnis, dan awarding.

Berita terkait lainnya

Kembali ke atas